Selasa, 04 Oktober 2016

MASA SIH OREO BERMELAMIN?

WELCOME TO MY BLOG!



Hello readers! Saat ini telah menjamur berbagai makanan ringan import (termasuk OREO) di Indonesia kan? Apakah kalian bisa percaya kualitas merk tersebut? Nah kali ini kami akan memberikan informasi-informasi mengenai snack import agar kalian berhati-hati dalam membelinya, karena telah ditemukan oreo bermelamin!


snack import (termasuk OREO)


Diputar, dijilat, dicelupin!
Siapa sih yang tidak kenal dengan jargon snack yang popular ini? Semua orang pasti mengetahuinya, bukan? Namun, apa yang terjadi bila salah satu biskuit favorit kita ini mengandung zat yang berbahaya? Biskuit ini dikabarkan menjadi oreo bermelamin! 

(Oreo import dari China)


Pada investigasi yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan Indonesia bulan September 2008 lalu,  menyebutkan Oreo sebagai salah satu dari enam produk makanan impor dari China yang terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), mengandung melamin. Melamin merupakan senyawa kimia organik yang bersifat basa dan mengandung kadar nitrogen sebesar 66% yang sering disalahgunakan untuk meningkatkan kadar protein pada makanan. Produk Oreo yang bermelamin ini merupakan produk yang diimpor dari China. Zat berbahaya bagi tubuh tersebut ditemukan dalam varian Oreo wafer stick dan Oreo cokelat sandwich cookies. Kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut akan berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi.



Dampak yang diakibatkan dari mengkonsumsi oreo bermelamin sangat besar. Tak hanya Oreo bermelamin namun ada juga beberapa perusahaan di China terlibat kasus penambahan melamin pada bahan susu formula dan susu bayi yang mengakibatkan banyaknya korban yang berjatuhan. Sekitar 300.000 korban sakit, lebih dari 12.800 orang dirawat di rumah sakit dan 4 bayi dikabarkan meninggal dunia karena gagal ginjal dan batu ginjal.


Kasus oreo bermelamin membuat  citra perusahaan menurun sehingga mengakibatkan pudarnya kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap biskuit ini. Selain itu, penjualan produk ini akhirnya menurun drastis. Tentu saja hal ini sangat merugikan PT. Kraft, namun perusahaan ini bergegas untuk menyusun strategi marketing untuk membangun kembali citra perusahaannya. Apa saja strategi itu? Berikut ulasannya untuk Anda ..

Untuk penyelesaian permasalahan ini:

1. Klarifikasi dari PT. Kraft Indonesia
Statement "beda distributor, beda produksi" merupakan pesan yang ingin disampaikan oleh pihak Public Relation dari PT.KRAFT menetralisir rumor Oreo bermelamin dengan melakukan konferensi pers. Dengan cara menjelaskan bahwa Oreo berasal dari berbagai macam distributor di berbagai negara, maka produk Oreo yang disinyalir terdapat kandungan melamin atau susu import china adalah produk Oreo bukan berasal dari distributor PT.KRAFT Indonesia, melainkan dari distributor asing yang lain. Hal ini dapat dilihat dari kode produksi yang tertera pada no BPOM. Kode MD untuk semua produk buatan Indonesia dan kode ML untuk produk buatan asing.
Hal ini juga didukung oleh pernyataan pihak BPOM bahwa produk Oreo yang disegel adalah produk yang dibuat di luar negeri dengan kode register ML. Sedangkan produk Oreo yang dibuat di dalam negeri dengan kode register MD tidak disegel dan tidak menjadi oreo yang bermelamin.


Untuk pencitraan PT. Kraft dalam mengembalikan rasa kepercayaan masyarakat bahwa oreo tidak bermelamin:

1. Iklan Oreo versi "Keluarga Ferdy Hasan"




Setelah tersandung kasus Oreo bermelamin pada tahun 2008, pihak Oreo langsung merilis iklan televisi yang bertemakan keluarga. Awalnya iklan ini seperti iklan Oreo sebelumnya, namun yang menarik adalah pada akhir iklan terdapat kata – kata “Bangga buatan Indonesia”. Kata – kata ini seakan ingin menggiring persepsi masyarakat bahwa Oreo yang ada di Indonesia, bukan berasal dari Cina, tapi diproduksi dari dalam negeri, bukan oreo bermelamin dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, isi dari iklan ini juga menitik beratkan pada keraguan dari Ferdi Hasan yang merupakan endorser yang akhirnya mengunjungi pabrik Oreo dan yakin bahwa Oreo merupakan produksi Indonesia bukan dari Cina. Iklan ini juga menggambarkan Ferdi Hasan yang merupakan orang tua menyayangi anak – anaknya sehingga memberikan biskuit yang dipercayainya yaitu biskuit Oreo. 

2. Variasi rasa dan produk yang menggugah selera
 
(varian rasa Oreo yang diproduksi di Indonesia dan varian ice cream rasa Oreo)

Untuk menghindari kejenuhan pelanggan, Oreo menambah berbagai varian rasa, jenis kue baru yang membuat masyarakat ingin mencobanya. Bahkan kemasan Oreo pun beraneka ragam yang menarik minat masyarakat. Bahkan tak tanggung – tanggung oreo pun akhirnya bekerja sama dengan wals untuk menggabungkan varian eskrim dengan biskuitnya sehingga hal ini memudarkan cap oreo bermelamin.



3.  Konsisten dalam penghargaan Top Brand for Kids Award
(Top Brand Oreo 2012 - 2016)

Kasus Oreo bermelamin ini, tidak menyurutkan pada posisi top brand for kids. Hal ini terbukti dari data yang diambil, terlihat memang bahwa pada tahun 2012 dan 2013 Oreo berada pada posisi kedua dengan perolehan 17,9% dibawah merk pesaingnya yaitu Biskuat. Namun Pada 2014, dalam kategori biskuit sandwich Oreo menorehkan hasil yang memuaskan karena berhasil memuncaki klasemen top brand for kids 2014 dan mengalahkan beberapa pesaingnya. Pada tahun 2015 dan 2016 Oreo masih kukuh pada posisi pertamanya sebagai top brand for kids kategori biskuit sandwich. Dengan begini oreo semakin mendapatkan citra positif dan bukan oreo bermelamin.



Demikian artikel mengenai oreo bermelamin, semoga dapat memberikan informasi yang berguna bagi readers! Sehingga readers juga dapat lebih selektif dalam membeli snack import. God bless~

#oreobermelamin #oreoimport #oreoindonesiatidakbermelamin #oreochinabermelamin


google-site-verification: googlefe3d3b20a471377a.html

82 komentar:

  1. Oah..hati" ya dalam mengkonsumsi makanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia bu terutama kita harus hati' dalam mengonsumsi Oreo ya bu.?

      Hapus
  2. Be carefully! Thanks anyway buat infonya :)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Thanks infonya sangat berguna ^^

    BalasHapus
  5. Menurutku, yang menjadi berita utama seharusnya adalah pabrik oreo di cina dan bagaimana citra mereka di sana atau citra di pasar internasional, sedangkan pabrik oreo di Indonesia merupakan berita tambahannya. Kalau memang yang ingin dijadikan berita utama oreo di Indonesia mungkin bahasannya seperti "Apakah Benar OREO bermelanin?".
    Beritanya sudah bagus, video pendukung dan pejelasannya keren.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. nice info, jangan sampai kita men judge secara general semua product dan distributor oreo..., ternyata yg bermasalah dari china, utk product dari lokal msh terjamin aman. tks.

    BalasHapus
  8. Nice info~
    Jadi harus lebih hati-hati nih kalo mau beli snack wkwkwk

    BalasHapus
  9. Nice info...memang seharus lebih berhat-hati dalam mengkonsumsi makanan ataupun snack.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih (BPOM)
      Hati' guys dalam Mengonsumsi makan baik, oreo yang pada khasus di atas maupun makanan yang lain..siapa tau mengandung zat bahan kimia "Melamin itu loh" Ingat...HATI-HATI

      Hapus
  10. Nice info...memang seharus lebih berhat-hati dalam mengkonsumsi makanan ataupun snack.

    BalasHapus
  11. Waduh... gimana nih. Padahal aku suka makan oreo. Huaaaaaa
    Ini harus dibaca oleh semua penggemar oreo di seluruh dunia..

    BalasHapus
  12. πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

    BalasHapus
  13. πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  14. Ternyata begitu ya. Betapa pentingnya Public Relation dalam menetralkan opini negatif dari publik dan menarik agar konsumen kembali percaya pada suatu brand.

    Keren2

    BalasHapus
  15. Info yg bagus...terutama untuk kami guru TK

    BalasHapus
  16. Mantab gan. Eh tapi skrg ada kasus snickers ada plastiknya lho

    BalasHapus
  17. Wahh padahal saya termasuk penggemar oreo, skr harus lebih selektif..

    BalasHapus
  18. Wowww.. bruu tau.. sngt bermanfaat bgt nihh..

    BalasHapus
  19. W0w infox sgt membantu sekali.. Thx y sist

    BalasHapus
  20. Wah informasi baru nih, nice!

    BalasHapus
  21. Sungguh mengejutkan.....
    Ternyata oreo juga berbahaya

    BalasHapus
  22. nice to info...., jangan sampai me~ justice semua product dan ditributor oreo secara keseluruhan... ternyata product yg dari china yg bermasalah.... product dalam negeri msh ok.... tks.

    BalasHapus
  23. Orang bijak pasti pilih oreo buatan indonesia

    BalasHapus
  24. Cintai produk dalam negeri . Konsumsi oreo indonesia . Be a smart buyer ?

    BalasHapus
  25. Cintai produk dalam negeri . Konsumsi oreo indonesia . Be a smart buyer ?

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Thank you for the information..

    BalasHapus
  28. Wah cukup mengerikan ya oreo kalau mengandung melamin

    BalasHapus
  29. Sebagai salah satu penikmat oreo,hal ini cukup mengerikan bagi saya . Info yang diberikan sudah baik & good job!πŸ‘

    BalasHapus
  30. Sangat bermanfaat, krn saya mendapat informasi baru πŸ™πŸ»

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. PRnya terbaik bisa netralin tuh rumor, ngembaliin kepercayaannya masyarakat ama produk indo. Tinggal tunggu aja nih berita yg dr china gimana kok bisa gitu. Biar bisa ngelengkapin beritanya.

    BalasHapus
  33. PRnya terbaik bisa netralin tuh rumor, ngembaliin kepercayaannya masyarakat ama produk indo. Tinggal tunggu aja nih berita yg dr china gimana kok bisa gitu. Biar bisa ngelengkapin beritanya.

    BalasHapus
  34. Yang penting oreonya aman πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  35. thanks sis buat knowledge nya! so helpful :)

    BalasHapus
  36. Thnks for infonya

    BalasHapus
  37. wah baru tau ada info begini. harus lebih waspada nih spy ga ketipu produk2 palsu

    BalasHapus
  38. Thankyou infonya, sangat membantu

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. info yang bagus
    Tapi judul dari postnya terkesan negatif
    Kalau pembacanya malas baca isinya dan hanya baca judulnya
    Bisa" malah menjelek"kan oreo / PT. KRAFT INDONESIA

    BalasHapus
  41. Info yang bagus, jadi dari kejadian tersebut kita harus lebih berhati hati dalam memilih konsumsi baik untuk kita maupun orang terdekat kita.

    BalasHapus
  42. Wow! Thanks infonya πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  43. Thanks for sharing this article :)

    BalasHapus
  44. Thx for the info ~

    BalasHapus
  45. Wah kren banget nih beritanya
    Saya aja gatau ada berita kayak gini
    Makasih ya artikelnya

    BalasHapus
  46. Tolong dong oreo atau produk makanan lain nya ini manusia yg makan bukan hewan kami beli pakai uang bukan batu, tolong yah ga ush di tambahin ini itu bahan berbahaya. Bagaimana kalau anak2 yang makan kan kasian.kami cari uang dengan keringat kami jadi berikan makanan yang benar dan bahan yang aman u di jual ke kami.
    Jangan asal buat demi keuntungan sendiri yg makan yg kena buruk nya padahal kami beli pakai uang dengan jerih payah kami. Hanya masukkan semoga oreo indonesia mengerti yg konsumen anda semua manusia bukan piring atau mayat mau di buat pakai melamin lah formalin lah.semoga oreo indonesia tdk seperti oreo yang lain mohon pengertian nya karena kami juga takut membeli u anak2 kami kalau tdk ada yg beli anda juga yg rugi

    BalasHapus
  47. Betway Casino Site
    Betway Casino is a new online betting platform from Betway Group that is now accepting online players from Canada. The operator luckyclub has a wide ‎Promotions · ‎Promotions · ‎Betway Casino · ‎Payment Methods

    BalasHapus
  48. Casino - SBJeon.Net
    Bet on sports online at μœ λ‹ˆλ²³ BBSJA Sportsbook & Casino. Register for netteller your λ‘œνˆ¬μŠ€λ°”μΉ΄λΌ account today and start wagering on ν•΄μ™Έ λ°°νŒ… 업체 the latest sports and μ•ˆμ „μ‚¬μ΄νŠΈ markets.

    BalasHapus
  49. Harrah's Hotel Atlantic City - Jtm Hub
    Harrah's Atlantic City offers luxurious hotel rooms and 성남 좜μž₯μ•ˆλ§ˆ suites that include modern amenities such as κΉ€ν•΄ 좜μž₯λ§ˆμ‚¬μ§€ free λ…Όμ‚° 좜μž₯λ§ˆμ‚¬μ§€ WiFi 파주 좜μž₯μ•ˆλ§ˆ and free 이천 좜μž₯λ§ˆμ‚¬μ§€ car park. Guests can book the hotel

    BalasHapus